Sensoji Temple, Kuil Tertua di Tokyo

KIZUNAINDO - Sensoji adalah kuil Buddha tertua yang terletak di Asakusa, Tokyo. Kuil ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Asakusa. Apalagi Kuil ini juga mempunyai pintu gerbang yang sangat terkenal dan sering dijadikan objek foto. Nama gerbangnya yaitu "Kaminarimon", secara bahasa "Kaminari" berarti guntur atau kilat, sedangkan "Mon" berarti gerbang. Jadi "Kaminarimon" dapat diartikan sebagai Gerbang Kilat/Guntur. Nah, dengan ketenarannya itu menjadikan Asakusa dalam setahun penuh banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Oke, diartikel ini kita akan membahas daya tarik dari dari Sensoji guys!


  • Akses ke Sensoji
Jika kalian berangkat dari Stasiun Shinjuku maka kalian bisa naik kereta Chuo Line arah ke Stasiun Kanda. Lalu, kalian harus berpindah ke Stasiun Kanda milik Ginza Line. Tenang aja cuma butuh waktu sekitar 3 menit aja kok buat pindah stasiun. Nah, dari Stasiun Kanda (Ginza Line) kalian tinggal naik kereta kearah Stasiun Asakusa. Udah deh, dari situ kalian cuma butuh waktu 2 menit untuk sampai Kaminari Mon. Gampangkan!


  • Kaminarimon / 雷門
Kaminarimon adalah pintu masuk utama menuju kuil sensoji. Kaminarimon dibangun atas kontribusi dari Bapak Konosuke Matsushita, pendiri Matsushita Electric. Ditengah-tengah gerbang ada sebuah lentera besar yang tergantung dan bertuliskan 雷門/Kaminarimon. Ini menjadikan Kaminarimon sebagai simbol Asakusa. Jadi, jangan heran jika kalian melihat Kaminarimon selalu sesak penuh dengan wisatawan yang sedang asik berfoto. Pastikan kalian juga foto disini ya guys!

  • Toko-toko sepanjang jalan menuju kuil
Setelah kalian melewati Kaminarimon, pasti kalian akan melihat ada deretan toko-toko yang menjual oleh-oleh, makanan sampai rental Yuukata. Ada banyak sovenir unik dan lucu yang bisa kalian jadikan oleh-oleh guys! Harganya mulai dari ¥500 sampai yang paling mahal. Jangan takut buat bertanya guys, kalo kalian nggak bisa bahasa Jepang coba pakai bahasa Inggris. Biasaya sih orang-orang yang berjualan ditempat wisata seperti ini bisa berbahasa Inggris. Tapi, mereka akan lebih kagum dan respect ke kalian kalo kalian bisa pakai bahasa Jepang loh! Itu sih yang saya rasakan pas nanya-nanya harga Yuukata disana hehe.


  • Hozomon / 宝蔵門
Setelah kalian melewati deretan toko-toko, kalian akan melewati sebuah gerbang dua lantai. Gerbang ini terletak ditengah-tengah jalan antara kaminarimon dan sensoji temple. Kanji 宝/たから/takara memiliki arti harta, kanji 蔵/くら、ぞう/dibaca kura atau zou memiliki arti gudang dan kanji 門/もん/mon memiliki arti gerbang. Gerbang ini dinamai 宝蔵門/Houzoumon karena di lantai dua dari gerbang ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan harta. 



  • Aula utama Kuil Sensoji
Setelah kalian melewati Hozomon, kalian akan melihat aula utama dari Kuil Sensoji. Didalam aula utama Kuil Sensoji ini ada tujuh patung Buddha diabadikan. Oh iya, disepanjang jalan menuju kuil utama ada banyak kios-kios yang menjual jimat berderetan. Biasanya selain berdoa dikuil orang Jepang juga akan membeli jimat peruntungan. Pastiin kalian foto disini ya guys!



Sekian dulu artikel tentang Kuil Sensoji nya. Sebenarnya masih banyak hal menarik dari Kuil Sensoji ini guys! Cuma nggak bisa diungkapin pake kata-kata, jadi langsung datengin aja ya biar nggak penasaran!

Post a Comment

0 Comments