Negara Vending Machine

KIZUNA INDO - Apakah teman-teman pernah mendengar istilah Vending Machine ? Yup betul. Vending Machine adalah mesin yang dapat mengeluarkan barang-barang seperti makanan ringan, minuman ringan seperti minuman soda, alkohol, rokok, tiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis. Singkatnya bisa dibilang mesin jual otomatis.




Nah jadi ada yang menarik nih ketika saya tinggal di Jepang. Yaitu banyaknya jumlah Vending Machine di Jepang. Pembeliannya juga ada yang sudah mulai menggunakan E-Money/IC Card seperti SUICA, Pasmo dan lain-lain. Disana Vending Machine biasa diletakkan dipinggir jalan, stasiun, mall, sekolah dan diberbagai tempat lainnya.





Dilansir dari www.ascii.jp bahwa, menurut statistik Asosiasi Produsen Vending Machine Jepang, jumlah mesin penjual otomatis minuman di Jepang sampai akhir tahun 2016 adalah 2.474.600 unit. Mantap gak tuh temen-temen ! Dan menurut laporan media, jumlah penjualan minuman tahunan mencapai 2 triliun 29.8 miliar Yen. Bener-bener banyak banget ya temen-temen.



Disisi lain, jumlah Vending Machine di luar Jepang juga ada banyak loh. Kurang lebih ada sekitar 2.962.000 unit di Amerika, 3 juta unit di Eropa, 200.000 unit di China dan 120.000 unit di Asia Tenggara dan Oseania. Meskipun jumlah Vending Machine di Jepang tidak lebih dari jumlah Vending Machine di Amerika dan Eropa secara keseluruhan, akan tetapi bila dilihat dari populasi penduduknya Jepang tetap menjadi negara dengan jumlah Vending Machine terbanyak loh! Keren kan! Semoga Indonesia bisa menyusul ya teman-teman!


sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_jual_otomatis

https://ascii.jp/elem/000/001/673/1673795/

Post a Comment

0 Comments